8 TIPS SUKSES MEMBUAT TUMPENG


1. Tentukan tumpeng yang akan dibuat, putih atau kuning. Lalu, buat daftar lauk pauk dan sayuran yang akan jadi pelengkapnya.

2. Pilih beras berwarna putih, bersih, dan berkualitas baik. Agar hasil lebih pulen, jangan lupa campurkan setiap 1 liter beras yang digunakan dengan 200 gr beras ketan. Rendam campuran beras dan ketan selama 1 jam, lalu kukus hingga Vt matang agar hasilnya le¬bih pulen.

3. Selanjutnya, masak campuran beras dan ketan yang telah direndam tadi bersama santan dan bumbu hingga santan berkurang. Untuk membuat tum- ppna tuning, tambahkan kunyit, serai, dan daun salam.

4. Agar butiran nasi tampak mengilap, tambahkan peresan air jeruk nipis, aduk rata. Biarkan beras aron dalam panci tertutup selama 15 menit, agar nasi benar-benar padat dan bagus saat akan dicetak.

5. Saat akan mencetak tumpeng, sebaiknya ujung cetakan diberi selembar daun pisang, agar saat dibalik tumpeng tak lengket dan mudah dilepas. Caranya, masukkan nasi selagi panas ke dalam cetakan tumpeng sambil ditekan-tekan agar padat dan tak mudah retak.

6. Untuk tumpeng kuning pelengkapnya terdiri dari kering tempe, telur dadar, ayam goreng, perkedel, abon, dan sambal goreng. Dan untuk tumpeng putih biasanya dilengkapi urap sayur, gereh petek, tahu tempe bacem, ayam bumbu rujak, dan rempeyek kacang,

7. Wadah untuk tumpeng bisa dari tampah atau papan triplek, dan styrofoam. Caranya, alasi tampah atau triplek dengan styrofoam. Alasi bagian atas tampah dengan daun pisang, lalu buat lipatan daun pisang di sekeliling tampah. Tancapkan lipatan daun dengan lidi atau stapler. Lalu, bungkus dengan lap basah agar daun tak mudah kering dan tetap segar.

8. Balikkan tumpeng dari cetakan, letakkan di atas tampah berhias daun pisang. Mulailah menyusun semua pelengkapnya dan hiasi dengan berbagai garnis yang sesuai. Nah, selamat membuat tumpeng komplit nan lezat!



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment